Jangan Coba Coba Masuk Jalur Busway Karena Kamera Sudah Mengintai

advertisement

Jangan-Coba-Coba-Masuk-Jalur-Busway-Karena-Kamera-Sudah-Mengintai-1

Jakmotor – Pengemudi sepeda motor jangan coba coba lagi masuk kejalur busway, karena efektif mulai 1 Februari 2020 kamera ETLE akan mulai dioperasikan di jalur busway. Jadi kemungkinan di tilang akan semakin besar bagi pelanggarnya.

Tilang elektronik dengan menggunakan kamera CCTV atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), akan diberlakukan untuk sepeda motor mulai 1 Februari 2020. Uji coba akan dilakukan 1 hingga 2 hari sebelum beroperasi penuh.

Mengutip dari NTMC Polri, pelanggar lalu lintas di jalur bus Transjakarta akan dipantau langsung kamera Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Meskipun tidak ada petugas kepolisian, pelanggar bisa dijerat oleh hukum.

Baca juga : Motor Cleveland Cyclewerks Ace 400 cc Kali Ini Bergaya Cafe Racer

Jangan-Coba-Coba-Masuk-Jalur-Busway-Karena-Kamera-Sudah-Mengintai

Menurut Kombes Pol Yusuf, tilang elektronik di jalur Transjakarta tidak hanya berlaku bagi sepeda motor, tapi juga mobil. Mekanisme tilang elektronik bagi motor menurut Kombes Pol Yusuf tidak berbeda dengan yang diterapkan terhadap mobil. Pelanggar yang tertangkap kamera ETLE menerobos busway akan dikirimi surat konfirmasi ke alamat yang sesuai dengan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Pemilik kendaraan yang melanggar akan yang dikirimi surat dan diberikan tenggat untuk konfirmasi selama dua minggu. Apabila tidak ada konfirmasi sampai batas waktu yang ditentukan, polisi akan melanjutkan proses ketahapan selanjutnya, yakni pengiriman berkas kekejaksaan.

Bagi pengendara motor harus mulai membiasakan diri untuk tidak masuk ke jalur bus way agar teciptanya ketertiban berlalu lintas.

Polda Metro Jaya menargetkan sebanyak 105 kamera ETLE akan terpasang di Jakarta pada tahun 2020. Kamera itu juga nantinya akan ikut terpasang di jalan tol dalam kota dan jalur Transjakarta.

Jangan-Coba-Coba-Masuk-Jalur-Busway-Karena-Kamera-Sudah-Mengintai

Sumber : metro.tempo.co

Artikel lainnya :

15 Komentar

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Punya Mobil Honda Manfaatkan Quick Maintenance Servis tanpa Antri
  2. Honda mengajak komunitas Honda Mobilio Weekend bersama keluarga
  3. Tekiro Meraih Top Digital Public Relation Award 2020 - jakmotor.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*