Valentino Rossi Akan Mencoba Tehnik Pengereman Dua Jari

Valentino-Rossi-Akan-Mencoba-Tehnik-Pengereman-Dua-Jari

The Doctor 46

Jakmotor – Selama MotoGP yang berlangsung di tahun 2019 nampaknya Valentino Rossi seperti tenggelam diantara pembalap lainnya. Meskipun begitu tetap saja para fans The Doctor selalu hadir untuk mendukung pembalap idolanya.

Dalam beberapa kali Valentino Rossi mencoba untuk terus meningkatkan kemampuan motor yang dikendarainya, pada saat tes di Misano beberapa waktu lalu, Rossi menggunakan knalpot dengan mufler 2 lubang seperti yang dipakai Suzuki. Namun sepertinya knalpot itu tidak memberikan pertanda yang baik, malahan tiga pembalap yang tidak memakai knalpot mufler 2 lubang lebih bagus dari Rossi.

Akhirnya Valentino Rossi kembali menggunakan knalpot Akrapovic yang biasa dipakai sebelumnya, sedangkan untuk swing arm carbon yang dipakainya juga dilepas, diganti dengan Swing Arm lamanya.

Baca juga : Cara Agar Motor Tarikannya Enteng Lagi, Coba Pakai Carbon Cleaner

Alasan mengganti kedua perangkat tersebut adalah kalau di di MotoGP Motegi Jepang yang akan digelar akhir pekan ini (18-20 Oktober) membutuhkan pengereman yang cepat dan tiba tiba, sehingga Rossi membutuhkan keseimbangan motor yang berbeda juga, termasuk juga mengenai ban belakang motor.

Valentino-Rossi-Akan-Mencoba-Tehnik-Pengereman-Dua-Jari
foto credit instagram valentinorossi46

Tehnik Pengereman Dua Jari

Teryata disetiap karakter sirkuit yang berbeda dibutuhkan juga perhitungan secara matang mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh motor sehingga bisa menjadi yang tercepat dan meraih posisi pertama.

Begitu pula dengan tehnik pengereman, selama ini tehnik pengereman yang digunakan oleh Rossi adalah dengan menggunakan 3 jari seperti yang biasa dipakai oleh pembalap jadul, namun katanya Rossi akan mencoba tehnik pengereman dengan menggunakan 2 jari. Hal ini adalah berdampak pada kebiasaan si pembalap itu sendiri sehingga mau tidak mau harus beradaptasi lagi dengan kebiasaan baru, karena tehnik pengereman 2 jari hampir tidak pernah di pakai oleh Rossi.

Pengereman dengan 2 jari ini disebut memberikan sensasi keseimbangan dan kestabilan pengereman yang berbeda, dengan tehnik pengereman ini menolong agar tidak membebani suspensi depan terlalu cepat dan pengeremannya menjadi lebih manis ungkap The Doctor.

Sebenarnya Jorge Lorenzo dan kebanyakan pembalap lainnya juga menggunakan tehnik pengereman 2 jari, tetapi mungkin Rossi ingin mencoba sesuatu diluar kebiasaannya dengan harapan dapat berkembang lebih baik.

Valentino-Rossi-Akan-Mencoba-Tehnik-Pengereman-Dua-Jari
foto credit Corsedimoto.com

Sementara Marc Marquez sudah terbiasa menggunakan tehnik pengereman satu jari, dahulu tehnik pengereman satu jari dipopulerkan oleh Casey Stoner.

“Aku selalu bekerja soal gaya balap. Tapi kebanyakan kami melakukan hal yang sama, walaupun sebenarnya beda pembalap beda gaya. Tapi kupikir kami harus lakukan dua-duanya, yakni soal gaya balap dan mencari setup motor terbaik,” kata Rossi dilansir GridOto.com dari Corsedimoto.com.

Seperti apakah nanti performa Valentino Rossi ketika beradaptasi mencoba Tehnik Pengereman Dua Jari di MotoGP, apakah akan ada sesuatu yang baru yang akan dipersembahkan The Doctor ? Lets us see…

Sumber : gridoto.com

Email me : jakmotorindo@gmail.com
Facebook : Jakmotor.com

1 Trackback / Pingback

  1. Repsol dan Honda bergabung Sejak Tahun 1995 - jakmotor.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*