Motor MotoGP Bahan Bakunya Ternyata Alumunium dan Serat karbon

Motor-MotoGP-Bahan-Bakunya-Ternyata-Alumunium-dan-Serat-karbon

Motor MotoGP Bahan Bakunya Ternyata Alumunium dan Serat karbon

Jakmotor.com – ketika membuka artikel yang terdapat di situs boxrepsol ternyata ada artikel yang cukup menarik yaitu tentang bahan baku dari motor yang digunakan untuk MotoGp. Ternyata ada dua bahan baku yang menjadi ciri khas pembuatan sepeda motor Kejuaraan Dunia yaitu aluminium dan serat karbon.

Aluminium

Aluminium adalah bahan umum yang digunakan setiap hari dalam barang-barang yang ada dalam kehidupan kita sehari hari, seperti kaleng dan kertas timah. Sifat utama dari logam ini adalah kepadatannya yang rendah (2,7 g / cm³), ketahanannya terhadap korosi, dan konduktivitas termal dan listriknya yang tinggi.

Untuk alasan ini, Aluminium banyak digunakan dalam industri dirgantara, aeronautika, kendaraan, dan pertahanan .

Ini juga merupakan salah satu bahan utama yang digunakan dalam motor MotoGP dari Marc Márquez dan Jorge Lorenzo, terutama pada bagian sasis , karena karakteristik dari logam yang ringan dan fleksibel ini membuatnya ideal untuk bagian dasar struktur ini, karena sasis MotoGP harus mencapai keseimbangan antara kekakuan dan fleksibilitas.

Garpu depan juga menggunakan perpaduan aluminium, seperti tuas rem, radiator, sandaran kaki, dan beberapa rumah engine semuanya terbuat dari aluminium.

Motor-MotoGP-Bahan-Bakunya-Ternyata-Alumunium-dan-Serat-karbon (2)

Serat karbon

CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer) adalah material komposit berkinerja tinggi dan sangat ringan . Ini terbentuk dari resin dan kain yang terbuat dari benang karbon yang berdiameter hanya beberapa mikron (dari 0,004 hingga 0,01 mikron).

Serat karbon sangat kaku dan memiliki ketahanan mekanis yang besar, serta sangat ringan . Itu juga dapat menahan suhu tinggi, kelembaban, dan pelarut dengan baik.

CFRP digunakan secara luas di MotoGP, dan semakin banyak bagian yang dibuat dari bahan ini. Fairing dan spatbor juga terbuat dari serat karbon.

Meskipun persiapan dan proses pembuatan yang panjang dan mahal diperlukan untuk membuat bagian bagian dari motor MotoGp dengan menggunakan kedua bahan ini.

Fleksibilitas aluminium dan ringannya serat karbon adalah kualitas yang membuat material ini ideal untuk aeronautika kelas atas dan paling canggih. Tidak heran bahwa pengendara terbaik dan menggunakan mesin canggih mereka juga membutuhkan komponen yang sangat canggih ini .

Sumber box repsol

Email me : rudyasmandara@gmail.com
Facebook : jakmotor.com
Instagram : rudyasmandara

12 Komentar

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Satu juta masker untuk tenaga medis Dari Jaringan Main Dealer Sepeda Motor Astra Honda
  2. Motor KTM Duke 200 Radiatornya Bocor, Perhatikan Hal Ini - jakmotor.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*