Motor Listrik Minerva Electron Harganya 16,5 Juta

Minerva
Motor Listrik Minerva Electron Credit Foto : Kumparan.com

Buatan mana motor ini ?

Motor listrik Minerva Electron adalah motor Indonesia yang diproduksi didalam negeri didaerah Gresik-Jawa Timur.

Harganya berapa?
Harganya Rp16.500.000 on the road jakarta

Ada berapa Warna yang bisa dipilih ?
Motor Listrik Minerva Electron hadir dengan lima pilihan warna yaitu Baby Blue, Tosca, Grey, Blue Silver dan Red Silver.

Terus untuk kecepatan dan jarak tempuhnya bagaimana ?
Jarak tempuhnya bisa menjangkau 50 kilometer tergantung gaya berkendara. Adapun kecepatan puncak yang bisa dicapai sekitar 50-60 km/jam.

Untuk Suspensinya gimana ?
Minerva Electron mengandalkan suspensi depan teleskopik serta peredam kejut ganda di belakang.

Minerva Electron
Motor Listrik Minerva Electron
Credit Foto : Kumparan.com

Bagian roda menngunakan ukuran berapa ?
Kedua rodanya dibalut ban ukuran 90/90-12. Sedangkan, sistem pengereman memakai tipe cakram yang didukung fitur Combi Brake System (CBS).

Pakai baterai apaan nih ?
Baterainya menggunakan metode swap dari Swap Energi, untuk kemudahan operasional tanpa perlu charge dalam waktu lama.

Baterai Swap apaan tuh ?
Swap baterai adalah membeli daya dengan bertukar baterai motor lisrik lama ke baru dan tersedia di tempat tertentu. Ini adalah perusahaan penyedia jasa penukaran baterai motor listrik yang bernama PT Swap Energi Indonesia (Swap Energi).
Jadi pengguna motor yang memakai baterai Swap yang kehabisan baterai hanya perlu menukar baterai Swap di titik stasiun penukaran yang bernama Swap Poin secara gratis. Sebab, Swap mengenakan tarif dengan sistem kuota yang terbagi tiga opsi, yaitu: 100 km dengan harga Rp20.000, 250 km harga Rp45.000, dan 500 km dengan harga Rp80.000.

Minerva Electron_1
Motor Listrik Minerva Electron (Baterai Swap)
Credit Foto : Kumparan.com

Bagaimana dukungan purna jualnya ?
Untuk dukungan penjualan dan purnajual, Kristianto Goenadi, selaku Presiden Direktur PT BML (Bagaskoro Mega Langgeng) yang menaungi motor listrik minerva electron ini menargetkan membangun 25 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali sampai akhir 2022 ini.

Sumber : kumparan.com

Artikel Lainnya :

  • Motor Listrik Yamaha E01 Kapan dijual di Indonesia

    Jakmotor.com – Untuk mengurangi emisi karbon di dunia maka konsep dan pengenalan motor listrik sudah dimulai dari tahun 2022, Yamaha juga pastinya tidak akan diem aja melihat peluang ini, maka hadirlah Motor Yamaha E01.

    Yamaha belum secara resmi memperkenalkan dan menjual Yamaha E01 di Indonesia. Tetapi memang sudah mencoba untuk mendekatkan diri dengan konsumen, yaitu dengan program untuk meminjam dan menguji motor Yamaha E01.

    Berikut spesifikasi Motor listrik Yamaha E01:

    1. Futuristic Design

    Motor ini tampil dengan kesan modern serta cleanness. Konsep ini menggabungkan dua objek, tema, material dan warna sehingga menghasilkan visualisasi sangat kontras, boleh dibilang desain masa depan.

    2. Powerful Electric Scooter

    E01 dilengkapi sumber tenaga baterai lithium Ion yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 8,1 kW. Dengan tenaga itu, skuter listrik ini bisa mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam (bergantung pada kondisi jalan, bobot pengendara, serta cara berkendara).

    1. Driving Mode

    Ada tiga mode berkendara yaitu Power, Standard, dan Eco. Mode Power cocok digunakan untuk menghadapi jalanan menanjak yang membutuhkan tenaga dan akselerasi tinggi. Lalu mode Standard, bisa digunakan buat berkendara di jalanan perkotaan yang cenderung datar sehingga tidak membutuhkan tenaga besar dalam bermobilitas. Sementara mode Eco, disarankan digunakan ketika melakukan perjalanan jarak jauh untuk menghemat konsumsi baterai.

    Motor Listrik Yamaha E01 Kapan dijual di Indonesia
    Credit :warungasep.net

    4. EV Motor

    Keunggulan dari kendaraan listrik E01 adalah motor penggerak listrik yang memiliki rpm tinggi. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,1 kW /5.000 r/min dan torsi 30,2 Nm/1.950 r/min dalam mode berkendara power, membuat tarikan motor tetap responsif ketika berkendara berdua dan juga melewati jalan menanjak.

    Infonya torsi maksimal yang bisa dihasilkan skuter listrik E01 itu lebih besar dari kemampuan motor 250 cc konvensional, wahh menarik juga nihh

    1. Lithium Ion Battery

    E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai Lithium-ion yang dilengkapi dengan built ini Battery Management System. Memiliki kapasitas sebesar 4,9 kWh dan daya 87,6 V / 56,3 Ah membuat E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km (berdasarkan tes internal dengan kecepatan konstan 60 km/jam) dalam kondisi bateri terisi penuh.

    1. Reverse Mode

    Kendaraan listrik E01 juga telah dilengkapi dengan fitur Reverse Mode yang memudahkan penggunanya ketika sedang parkir. Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat berkendara mundur dengan kecepatan 1 km/ jam. Cara untuk mengoperasikan fitur ini cukup dengan menekan dan menahan tombol “R” yang berada di bagian kiri setang, hingga muncul tulisan “R” pada layar mode berkendara yang diikuti dengan menyalanya lampu indikator berwarna orange. Setelah itu, lanjutkan dengan menekan dan menahan tombol “Mode” pada stang kemudi di sebelah kanan untuk menggerakan motor ke belakang.

    1. Regenerative Brake

    Fitur unggulan lain yang terdapat pada skutik listrik ini adalah Regenerative Brake. Fitur ini berfungsi layaknya engine brake pada kendaraan konvensional (Internal Combustion Engine) sehingga membuat proses deselarasi menjadi lebih halus.

    1. Y-Connect

    E01 juga telah dilengkapi dengan fitur Y-Connect dan juga SIM card bersifat build in. Dengan hadirnya Y- Connect, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait waktu pengisian baterai, jarak tempuh baterai, konsumsi baterai, lokasi parkir, histori pejalanan terakhir, rute berkendara, rata-rata kecepatan, ODO
    meter, dan notifikasi ketika baterai sudah penuh serta saat motor mengalami malfungsi.

    Selain itu, E01 juga dilengkapi dengan perangkat GPS (anti-theft) yang memungkinkan penggunanya dapat memantau lokasi motor secara real time, meski motor dalam kondisi mati dan berada jauh dari penggunanya.

    1. Ada tiga Charger Option

    Kepraktisan dan kemudahan bagi para pengguna E01 dalam mengisi daya baterai kendaraan diberikan oleh Yamaha melalui hadirnya 3 opsi charger yang tersedia, yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.

    Dari beberapa fitur yang ditawarkan di atas, kemungkinan motor listrik E01 mendapatkan perhatian yang cukup besar dari peminatnya, tetapi untuk harganya berapa ya ? terus kapan mulai dipasarkan di Indonesia ?

    Motor listrik bisa dijalankan sampai 104 km per jam dengan kecepatan maksimal 100 km per jam. Kalau harganya sekitar 50 jutaan gimana ya ? apakah konsumen akan mengurungkan niat untuk membeli ?

    Sumber : oto.detik.com

    Motor Listrik Yamaha E01 Kapan dijual di Indonesia (2)
    Credit : detik.oto

    Artikel lainnya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*